Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Langkah Mengatasi Mi A2 Lite Bootloop

Flash Xiaomi Mi A2 Lite

Bootloop merupakan kondisi dimana smartphone android tidak bisa masuk ke menu utama atau mentok di logo mi meski sudah di restart berulang - ulang . 

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial untuk melakukan flash untuk mengatasi bootloop pada smartphone Mi A2 Lite. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi anda yang gagal update atau bootloop atau kerusakan software lainnya, yang jelas bukan hardware. Untuk memperbaiki kerusakan hardaware tentu bukan flash yang menjadi solusi melainkan harus mengganti hardware yang rusak.

Flash Xiaomi Mi A2 Lite


Pengalaman melakukan flash ini saya lakukan karena beberapa hari yang lalu ketika melakukan update android 10,  meskipun sudah ada peringatan bahwa update hanya untuk android 9. Tutorial ini dapat dilakukan hanya boleh dicoba untuk Mi a2 Lite yang sudah unlock bootloader bagi yang belum di unlock silahkan dibawa ke Xiaomi Service Center Aja dari pada frustasi.

Sebelum saya mulai tutorialnya, pastikan Mi A2 Lite anda dalam posisi unlock. Pastikan data anda telah dibackup terlebih dahulu, karena ketika selesai di flash semua memori internal akan terhapus semua. Siapkan PC, Kabel data, dan pastikan batre yang cukup skitar 60% keatas agar sewaktu flash tidak kehabisan daya, Kemudian download file berikut ini: 

Stock ROM MIUI Xiaomi Mi A2 Lite Download 

USB Driver Xiaomi Mi A2 Lite 

Mi Flash Tool 




Setelah di download semua, berikut tutorial flash Mi A2 Lite :


Langkah 1#
Extract Stock ROM MIUI Xiaomi Mi A2 Lite file yang ada didalamnya : daisy_global_images_V10.0.13.0.PDLMIXM_20190813.0000.00_9.0_5d0d486f04.gz, sehingga ada file "daisy_global_images_V10.0.13.0.PDLMIXM_20190813.0000.00_9" extract lagi menggunakan winrar atau 7zip file yang ada didalamnya, sehingga ada 1 folder bernama "daisy_global_images_V10.0.13.0.PDLMIXM_9.0"

Langkah 2

Install USB Driver USB Driver Xiaomi Mi A2 Lite (adb)

Langkah 3

Install Mi Flash Tool

Langkah 4

Buka Mi Flash Tool pilih lokasi folder daisy_global_images_V10.0.13.0.PDLMIXM_9.0 yang telah di extract tadi
Flash Xiaomi Mi A2 Lite

Langkah 5

Sekarang Smartphone / Hp Mi A2 Lite masuk ke fastboot dengan cara matikan dulu Mi A2 Lite, dan pastikan benar-benar mati tunggu sekitar 2 menit, tekan Volume bawah (-) dan Tombol power secara bersamaan sampai logo fastboot muncul.

Langkah 6

Sambungkan Mi A2 Lite dengan PC menggunakan USB ( usahakan pakai usb ori xiaomi ya )

Langkah 7

Pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool klik menu dropdown yang terdapat beberapa pilihan tipe flash.
+ Pilih “flash_all” jika ingin proses flash yang clean, alias semua data dan memori internal akan terhapus.
+ Pilih “flash_all_except_data_storage jika ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal.
+ Pilih “flash_all_lock” jika ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali.

Langkah 8

Silahkan pilih salah satu, tapi saya rekomendasikan untuk memilih “flash_all” agar hp iaomi Mi A2 Lite sobat kembali bersih seperti waktu pertama kali beli.

Langkah 9

Lalu pada aplikasi Mi Flash Tool, klik tombol “refresh” agar aplikasi mendeteksi hp Xiaomi Mi A2 Lite sobat yang sudah terhubung ke PC tadi.
Flash Xiaomi Mi A2 Lite


Langkah 10

Setelah hp terdeteksi, klik tombol “flash” untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses berakhir dan setelah flashing ROM selesai, maka ponsel Xiaomi Mi A2 Lite akan restart sendiri.

Flash Xiaomi Mi A2 Lite

Biasanya proses flash berjalan 3 menit saja kalau pake windows 10 64bit , selama proses flashing , kabel data tidak boleh dicabut atau akan menyebabkan hardbrick

Posting Komentar untuk "10 Langkah Mengatasi Mi A2 Lite Bootloop "